Tuesday, January 12, 2016

Siapa sih Charless Perrault?

 Sleeping Beauty Google doodle on Tuesday 12 January by Sophie Diao (portion). Photograph: google.com

Pada zaman dahulu kala, mesin pencari bernama Google memutuskan untuk merayakan hari lahir Charles Perrault yang ke-388, pengarang Prancis yang dirayakan karena melahirkan cerita dongeng dari Cinderella sampai Sleeping Beauty di abad ke-17.

Google Doodle hari ini merupakan karya dari Sophie Diao yang menampilkan imajinasi dia tentang adegan dari tiga cerita koleksi Charless Perrault dalam Les Contes de ma Mère l’Oye (Mother Goose Stories) di 1697.

Charles Perrault (1628-1703)

Perrautt lahir pada tahun 1628. dan bekerja sebagai penasihat di pengadilan Perancis Louis XIV. Ia lalu mulai menulis cerita dongengnya, lalu memunculkan sebuah pembukaan terkenal, "once upon a time" atau il était une fois, dari cerita rakyat, di kemudian hari.

Cerita dongeng dari masa lalu :
1. La belle au bois dormant (The Sleeping Beauty in the Wood)
2. Le petit chaperon rouge (Little Red Riding Hood)
3. La Barbe bleüe (Blue Beard)
4. Le Maistre Chat, ou le Chat Botté (The Master Cat; or, Puss in Boots)
5. Les Fées (The Fairies)
6. Cendrillon, ou la petite pantoufle de verre (Cinderella; or, The Little Glass Slipper)
7. Riquet à la Houppe (Ricky of the Tuft)
8. Le petit Pouçet (Little Thumb)

Puss in Boots Google doodle by Sohpie Diao.

Sayangnya kemurnian sebuah cerita selalu tercemar oleh aliran waktu. Penerjemahan bahasa yang dimaksudkan untuk berbagi cerita kepada penjuru dunia membuat ceritanya bergeser dari aslinya. Pembaca mungkin terkejut menemukan bahwa cerita asli Perrault ini telah kehilangan banyak detail mengerikannya hari ini.

Versinya Little Red Riding Hood, misalnya, dibuatnya lebih eksplisit bahwa 'serigala' adalah orang yang berniat memangsa gadis-gadis muda yang berkeliaran sendirian di hutan.

"Dari cerita yang satu ini pembelajaran bahwa anak-anak, terutama anak gadismuda, cantik, sopan dan baik, melakukan kesalahan yang telah mendengarkan orang asing, dan itu bukan hal yang berlebihan jika Serigala berusaha menyiapkan dia sebagai makan malam," tulisnya.

google doodle

No comments:

Post a Comment